A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memanfaatkan aplikasi facebook sebagai media bisnis online dengan fokus, konsisten dan jujur dan bertanggungjawab.
- Siswa dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi facebook sebagai penunjang bisnis online
- Siswa dapat mempraktekan pembuatan iklan menggunakan facebook ads dengan memasukan Iklan PPC bisnis online yang dijalaknannya.
B. Materi Pelajaran
Setelah membuat halaman di Facebook, kini Anda sudah bisa mulai membuat iklan di Facebook Ads. Berikut adalah cara membuat iklan di Facebook Ads:
1. Buka Facebook Ads
Buka laman Facebook Ads Manager. Pastikan Anda sudah login ke akun Facebook yang Anda gunakan untuk membuat halaman di Facebook sebelumnya.
2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu
Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan membuat iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Saran saya sebaiknya pilih Pembuatan Iklan Terpandu agar iklan Anda lebih spesifik.
3. Tentukan Tujuan Iklan
Selanjutnya, tentukan tujuan iklan yang ingin Anda capai. Facebook menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.
Kesadaran
Kesadaran Merek: Meningkatkan brand awareness Anda dan menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar tertarik
Jangkauan: Menampilkan iklan Anda pada jumlah maksimal dari orang sesuai dengan anggaran Anda
Pertimbangan
Lalu lintas/Trafik: Meningkatkan jumlah kunjungan ke website Anda atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi Anda.
Interaksi: Pilihan ini tepat jika Anda ingin mendapatkan interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada acara yang akan Anda selenggarakan atau untuk promo mengenai produk Anda.
Pemasangan aplikasi: Tujuan iklan ini berguna bagi Anda yang menginginkan orang lain menginstal aplikasi yang Anda buat.
Penayangan video: Jika Anda membuat konten berupa video, pilihan ini harus dipilih untuk mendapatkan lebih banyak orang menonton video yang Anda buat.
Pembuatan prospek: Untuk mengumpulkan data dari orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda, data tersebut dapat berupa alamat email
Pesan: Mengajak target audience untuk mengirim pesan ke bisnis Anda di Messenger atau WhatsApp
Konversi
Konversi: Untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada website Anda.
Penjualan katalog produk: Menampilkan iklan mengenai produk katalog Anda sesuai dengan target yang ditentukan.
Kunjungan toko: Jika Anda memiliki toko offline atau toko fisik, silakan pilih bagian ini untuk meningkatkan pelanggan mengunjungi toko Anda
4. Klik Tujuan Iklan Anda
Pertimbangkan tujuan iklan mana yang paling cocok untuk Anda. Di tutorial Facebook Ads ini yang saya pilih adalah tujuan lalu lintas/trafik
5. Pilih Jenis Iklan Facebook
Facebook menyediakan dua jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Anda harus memilih salah satu. Dua jenis iklan facebook tersebut tidak dapat digunakan bersamaan.
Di jenis iklan Uji Split, Anda akan diminta membuat dua iklan dengan konten yang mirip, yaitu konten A dan konten B. Target audience Anda akan dibagi menjadi dua dan akan melihat iklan yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa melihat konten iklan mana yang lebih menarik lebih banyak trafik.
Sayangnya, jenis iklan uji split membutuhkan dana dua kali lipat dibandingkan jenis pengoptimalan anggaran. Di tutorial ini saya memilih jenis iklan kedua karena lebih cocok untuk pemula.
Pada langkah ini Anda juga perlu menentukan anggaran iklan. Anda bebas menentukan anggaran iklan Anda di Facebook Ads. Di tutorial ini kami memasukkan anggaran sebesar 1 juta rupiah.
Anda tentu ingin tahu kan bagaimana anggaran 1 juta itu akan digunakan?
Secara sederhana, dana akan digunakan sesuai dengan jenis iklan yang digunakan. Perhitungan biaya berdasarkan pada jenis industri dan persaingan bid yang terjadi.
Inilah beberapa jenis iklan Facebook:
- CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jenis pembayaran iklan berdasarkan banyaknya klik yang dilakukan pengguna Facebook pada iklan Anda.
Jika Anda menginginkan trafik, jenis iklan inilah yang paling sesuai. Sebab, iklan yang diklik otomatis akan mengarahkan pengunjung ke website Anda. Kuncinya, gunakan CTA yang efektif seperti “Pelajari lebih lanjut” atau “Dapatkan sekarang”.
CPM (Cost Per Mille)
Sesuai namanya, biaya CPM dihitung per 1000 penayangan iklan. Bisa dikatakan mirip dengan penayangan di media elektronik lain.
CPM cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan brand awareness kenapa demikian? Berbeda dengan CPC, iklan tidak secara otomatis mengajak pengunjung ke website.
CPV (Cost Per View)
Iklan Anda berupa video? CPV adalah jenis biaya iklan per satu kali lihat.
Jenis iklan ini cocok untuk produk yang lebih menarik ditampilkan melalui video. Perlu diingat, informasi iklan harus singkat dan jelas. Sebab, biaya akan terhitung per satu kali terlihat dalam durasi 10 detik.
CPA (Cost Per Action)
Perhitungan CPA berdasarkan transaksi yang terjadi di website Anda. Tidak selalu berupa transaksi pembelian. Bisa berupa registrasi keanggotaan (member), langganan newsletter, atau download ebook.
Untuk menerapkannya, akan ada facebook pixel yang bekerja mengamati aktivitas online pengguna Facebook di website Anda.
CPL (Cost Per Like)
CPL merupakan jenis perhitungan biaya iklan berdasarkan banyaknya like untuk halaman Facebook Anda.
Jenis iklan ini cocok bagi bisnis baru yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, seperti halnya CPM.
6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik
Tulis nama iklan Anda agar Anda bisa mengecek performa iklan-iklan di FB Ads. Kemudian pilih tujuan trafik Anda ingin diarahkan ke mana. Anda bisa mengarahkan trafik atau lalu lintas ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.
7. Tampilkan Promo
Jika Anda sedang menjalankan promo di bisnis Anda, centang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.
8. Tentukan Target Audience
Seperti yang saya sebutkan di awal artikel, Anda bisa menentukan spesifikasi target audience Anda berdasarkan faktor di bawah ini:
Pemirsa Khusus: Anda bisa mengatur untuk menjangkau orang-orang yang pernah berhubungan dengan Anda baik secara online maupun offline. Anda bisa mengarahkan iklan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda, berinteraksi di konten halaman Facebook Anda, sampai orang-orang yang pernah menelepon Anda.
Lokasi: Anda dapat menentukan lokasi dari target. Masukkan satu atau lebih banyak negara, negara bagian/wilayah, kota, kode pos, alamat, atau Designated Market Areas ® untuk menampilkan atau mengecualikan iklan Anda kepada orang dalam lokasi ini. Penargetan lokasi belum tersedia di semua negara.
Umur: Jika produk yang akan Anda iklankan berdasarkan rentang usia tertentu, Anda dapat memilih target berdasarkan usia, misalnya orang dengan usia 18-35 tahun. Silakan disesuaikan dengan produk yang akan Anda iklankan.
Jenis Kelamin: Anda juga dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin, jika produk khusus wanita berarti Anda dapat memilih pilihan khusus wanita saja atau sebaliknya. Selain itu juga dapat dipilih keduanya.
Bahasa: Jika Anda sudah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, biarkan ini kosong kecuali pemirsa yang Anda targetkan menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang telah Anda pilih
Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk target iklan yang lebih rinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya. Silakan untuk memilih yang sesuai dengan produk yang Anda iklankan
Koneksi: Pilihan ini berguna jika Anda ingin menampilkan iklan ke orang-orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi atau acara Anda. Sehingga iklan Anda dapat dilihat oleh orang yang sudah pasti memiliki ketertarikan pada produk Anda. Ini akan mempersempit jangkauan Anda dengan menyertakan orang-orang yang hanya memiliki hubungan khusus tersebut, yang juga memenuhi kategori penargetan lainnya yang telah Anda pilih
9. Tentukan Penempatan
Untuk menentukan penempatan iklan Anda yang ingin ditampilkan, di sini kami memilih Penempatan Otomatis. Pilihan ini lebih baik karena Facebook otomatis akan menampilkan iklan di tempat-tempat yang memiliki kinerja paling baik.
10. Pilih Jadwal
Tentukan berapa lama iklan Anda akan ditampilkan. Di tutorial ini saya memilih untuk menjadwalkan iklan selama satu bulan.
11. Pilih Format Iklan
Terdapat lima jenis format iklan yang dapat Anda pilih, yaitu sebagai berikut ini:
Karosel: Tampilan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser.
Gambar Tunggal: Tampilan iklan dengan 1 gambar.
Video Tunggal: Iklan dengan sebuah video.
Tayangan Slide: Iklan dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar
Koleksi: Iklan dapat berupa gabungan gambar dan video.
Pada tutorial ini kami memilih Format Karosel dengan gambar yang dapat digeser.
12. Buat Teks
Pada bagian ini tulis deskripsi iklan Anda. Buatlah deskripsi yang menarik dan singkat agar audience Anda bisa langsung paham tujuan iklan Anda.
13. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan
Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan Anda. Setiap format FB Ads membutuhkan ukuran gambar berbeda. Ukuran gambar masing-masing format iklan dapat Anda lihat di bagian akhir artikel ini.
FB
Tambahkan judul iklan yang menarik perhatian target audience. Masukkan juga link atau tautan yang dituju.
14. Cara Bayar Iklan Facebook
Anda bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah Anda melakukan pembayaran Facebook akan mereview iklan Anda dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.
Ukuran Gambar FB Ads
Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, setiap format iklan di FB Ads membutuhkan gambar yang berbeda-beda ukurannya. Berikut ukuran gambar yang sesuai untuk masing-masing format iklan:
Single Image (Gambar Tunggal)
Ukuran Gambar: 1,200 x 628 pixels
Ukuran Facebook and Instagram Stories: 1,080 x 1,920 pixels
Rasio Gambar: 9:16 to 16: 9 (cropped to 1.91:1 jika ada tautan)
Carousel (Karosel)
Ukuran Gambar: 1,080 x 1,080 pixels (30MB max)
Rasio Gambar: 1:1 (persegi)
Slideshow (Tayangan Slide)
Ukuran Gambar: 1,280 x 720 pixels
Rasio Gambar: 16:9, 1:1, or 2:3
Format Video: .mov or .mp4 file types
Single Video (Video Tunggal)
Format Video : .mp4, .mov, and .gif adalah yang paling ideal
Aspek Rasio: 9:16 to 16:9 (Rasio idealnya tergantung pada penempatan iklan)
Resolusi: minimal 600 pixels width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file and aspek rasio yang Anda pilih)
Ukuran File: maksimal 4GB
Durasi Video (Facebook): 1 detik sampai 240 detik
Durasi Video (Instagram) : 1 sampai 60 detik
Panjang Video untuk Instagram dan Facebook: 1 sampai 15 detik
Facebook Ads adalah platform iklan efektif untuk memperluas pasar Anda. Maksimalkan potensi Facebook Ads untuk memperoleh lebih banyak konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar